Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Brawijaya 2021

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Universitas Brawijaya kembali digelar di tahun 2021. Acara ini dilakukan secara daring akibat pandemi covid yang masih berjalan dan diselenggarakan pada Sabtu lalu (08/05).  Sejumlah 16 peserta dari seluruh perwakilan fakultas dan program vokasi yang akan memaparkan kajian ilmiahnya.

Dalam acara ini ada berbagai pihak yang menilai, mulai dari Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS., Ketua Pelaksana Pemilihan Mawapres UB 2021, Yusuf Hendrawan, STP.MApp.Life.Sc. Ph.D, Wakil Rektor III, serta Dewan Juri dihadiri oleh Dr.Ir. Hendrawan Soesanto. Ketua Pelaksana Awarding Mawapres UB 2021 Yusuf Hendrawan, STP. M.App.life.Sc. Ph.D, mengatakan bahwa rangkaian acara ini sudah dimulai sejak 25 Maret 2021 di tingkat fakultas, kemudian 22 April 2021 terpilih Mawapres tingkat fakultas.

Strategi pemilihan mawapres kali ini berbeda dengan pemilihan mawapres tahun-tahun sebelumnya, “Tahun ini kita memilih dua angkatan sekaligus, Mawapres Angkatan 2018 dan Angkatan 2019”, Mawapres Angkaran 2018 berjumlah 16 orang yang berasal dari 15 fakultas dan 1 vokasi sedangkan Mawapres Angkatan 2019 hanya berasal dari FEB, FIA, Fapet, FK, FPIK, FMIPA, FTP, FKH, FKG, Vokasi, dan PSDKU Kediri.

Mawapres Angkatan 2018 ini dipersiapkan untuk bertanding tahun 2021 ini mewakili Universitas Brawijaya di level nasional sedangkan Mawapres Angkatan 2019 akan dibina, didampingi, dan difasilitasi segala hal yang berkaitan dengan mawapres, seperti kompetisi internasional, rekognisi, pengakuan, penghargaan, keorganisasi, paten, buku, kewirausahaan, pengabdian masyarakat, dan lain sebagainya selama satu tahun untuk kemudian siap bertanding di tahun 2022.  Lima besar mawapres tingkat S1 dan 1 mawapres dari vokasi sudah terpilih oleh juri pilmapres pada 6 Mei 2021. Acara kali ini bertujuan untuk memilih satu Mawapres Angkatan 2018 terbaik dari lima besar Mawapres S1 dan satu Mawapres vokasi finalis yang akan ajukan ke tahap nasional.

Perwakilan Dewan Juri Pemilwa tahun 2021, Prof. Dr. Ir. Hendrawan Soetanto mengatakan bahwa pihaknya telah menjalankan proses seleksi sejak Maret 2021 dan sekarang telah dihasilkan calon mahasiswa berprestasi untuk mewakili Universitas Brawijaya yang nanti bertanding tingkat nasional pada tahun ini.

Berbeda dengan acara tahun lalu yang ditiadakan karena pandemi COVID-19, beberapa hari lalu diberitahukan adanya Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Nasional akan berlangsung pada tahun ini. “Alhamdulillah pada tahun ini Univertitas Brawijaya dengan suatu antisipasi, tanpa menunggu putusan dari Kemendikbutristek. Dan ternyata ada pemberitahuan beberapa hari yang lalu bahwasanya Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional akan berlangsung pada tahun ini,” ujar Prof. Hendrawan. Acara ini dihelat secara daring dan pihak juri berharap bahwa hadirin bisa menjadi saksi akan mawapres yang terpilih.“Hadirin saat ini kami harapkan menjadi saksi bahwasanya yang mewakili Universitas Brawijaya betul-betul representatif dari Universitas Brawijaya yang bisa mengharumkan nama Universitas Brawijaya di tingkat nasional,” lanjutnya.

Menurut Wakil Presiden EM UB 2021, Juwita Wulandari, Pemilihan Mawapres ini merupakan suatu agenda yang sangat penting bagi Universitas Brawijaya. Mahasiswa yang terpilih nantinya akan menjadi cerminan Universitas Brawijaya di mata masyarakat. “Yang mana nantinya teman-teman mawapres inilah yang akan mewakili Universitas Brawijaya di ajang Pilmawapres Tingkat Nasional, serta nantinya teman-teman akan menjadi cerminan bagi Universitas Brawijaya,” ujarnya. Juwita juga berharap bahwa mawapres ini menjadi stimulus bagi mahasiswa Universitas Brawijaya lainnya untuk berprestasi di tingkat nasional dan internasional.

Setelah melakukan pembukaan acara dengan doa, penentuan juara Mawapres 2021 diawali dengan penayangan video profil dari setiap peserta. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi presentasi dari lima besar jenjang S1 dan satu kandidat vokasi. Peserta mempresentasikan materinya yang kemudian diberi pertanyaan oleh perwakilan dewan juri, yaitu Prof.Dr.Ir. Hendrawan Soetanto, M.Rur.Sc..

Penentuan juara dilakukan setelah seluruh sesi telah dilaksanakan. Pengumuman juara ini akan dibacakan oleh Prof. Hendrawan. Pengumuman Mawapres diawali dengan juara terbaik Mawapres dari program vokasi yang dinobatkan kepada Hafiidha Annisaa’Ul Liliyyun. Juara favorit yang ditentukan dari hasil polling dan voting dimenangkan oleh Fibrianti Shinta Dewi dari Fakultas Pertanian. Juara Harapan 2 diraih oleh Edeliya Relanika Purwandi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Juara Harapan 1 diraih oleh Rama Halim Nur Azmi dari Fakultas Hukum.

Pemenang Juara Ketiga Mawapres diraih oleh Oktavia Larasati dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Juara Kedua diraih Fibrianti Shinta Dewi dari Fakultas Pertanian yang sekaligus mendapat juara favorit. Juara Pertama atau Mawapres Utama 2021 yang akan mewakilkan Universitas Brawijaya di tingkat nasional diraih oleh Abdul Mudjib Sulaiman Wahid dari Fakultas Teknik. Penyerahan hadiah secara simbolis kepada seluruh Juara Mawapres 2021 yang diterima oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.