Hari Peduli Sampah, AQUA Dukung Ekonomi Sirkular Sejak 1983

Sumber: kumparan.com

Memperingati Hari Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 18 Februari 2021, AQUA menegaskan komitmennya untuk terus menggunakan kemasan galon guna ulang sebagai bagian dari upaya untuk tidak menambah sampah kemasan plastik melalui penggunaan berulang kemasan galon yang diluncurkan sejak 1983. Berdasarkan data National Plastic Action Partnership, volume sampah plastik di tahun 2020 mencapai 6,8 juta ton dan tumbuh sebesar 5% setiap tahunnya. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga kembali menegaskan komitmennya untuk mencapai visi besar bersama untuk mengurangi sampah hingga 30 % dan melakukan penanganan sampah sebesar 70% di tahun 2025. Untuk itu, AQUA mendukung pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan untuk terus berkolaborasi dalam mencari solusi bersama dalam penanganan sampah plastik di Indonesia. Selain itu, AQUA merupakan merek air kemasan pertama yang berkomitmen untuk menerapkan konsep ekonomi sirkular sebagai solusi atas masalah sampah kemasan plastik di Indonesia.

Ekonomi sirkular adalah sebuah sistem ramah lingkungan yang mempertahankan nilai material agar dapat digunakan berulang-ulang. Untuk mencapai visi ekonomi sirkular tersebut, AQUA tidak hanya mengedepankan konsep daur ulang, tetapi juga inovasi kemasan dan konsep guna ulang untuk mengurangi timbulan kemasan pasca konsumsi. Untuk itu, AQUA terus mengembangkan dan mempertahankan model kemasan galon guna ulang sebagai bagian dari komitmen untuk menghadirkan hidrasi yang sehat bagi keluarga di Indonesia sekaligus menjaga kelestarian alam. Penggunaan galon guna ulang berdasarkan data Aliansi Zero Waste Indonesia, terdapat sekitar 50 juta kemasan galon guna ulang yang beredar di pasaran yang rata-rata dapat diisi ulang kembali melalui pabrik sebanyak lebih dari 25 kali. Oleh karena itu, hal ini dapat mengurangi lebih dari 95% pemakaian bahan baku plastik sehingga menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan dan menekan secara signifikan timbulan sampah plastik paska konsumsi serta penggunaan galon guna ulang terbukti aman dikonsumsi karena sudah dikemas dan disegel sesuai standar.

Selain memaksimalkan konsep guna ulang, AQUA juga telah mempelopori program daur ulang pertama yang disebut “AQUA Peduli” sejak tahun 1993 sebagai langkah awal menuju model pengemasan yang lebih sirkular. Program bertajuk “AQUA Peduli” yang menjadi pelopor untuk mengajak orang agar lebih peduli lingkungan dengan melakukan daur ulang. Dengan program ini juga, setiap tahunnya AQUA berkomitmen membantu mengurangi sampah plastik sebanyak 12 ribu ton per tahun melalui enam unit bisnis daur ulang yang tersebar di beberapa wilayah. Pembangunan 6 Bisnis Daur Ulang (Recycling Business Unit) ini telah diresmikan sejak tahun 2010 yang tersebar di Tangerang Selatan, Bali, Lombok ,dan Bandung serta dalam pembangunan bisnis daur ulang ini telah bekerja sama dengan Namasindo untuk menarik sampah kemasan dari lingkungan.

AQUA juga terus berinovasi melalui berbagai produk yang diluncurkan, di antaranya melalui “AQUA Life”yang merupakan produk botol air pertama di Indonesia yang terbuat dari 100% plastik daur ulang dan dapat  digunakan kembali. Juga, produk terbaru AQUA yang menggunakan kemasan 600 ml yang juga 100% terbuat dari plastik daur ulang . Berbagai macam inovasi yang telah diluncurkan oleh AQUA ini dilakukan untuk mengurangi laju sampah kemasan di lingkungan dan melakukan pengelolaan sampah produknya yang selaras dengan visi perusahaan, yaitu “One Planet One Health”. serlain itu, AQUA juga berkomitmen untuk mengoptimalkan penggunaan plastik dalam sistem produksinya dan menciptakan siklus hidup baru bagi kemasannya.

Sumber : Detik.com; Aqua.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.