Mengenal Clubhouse, Aplikasi Chat Audio yang Semakin Populer Setelah Digunakan Elon Musk

Tampilan Aplikasi Clubhouse di AppStore Sumber: bbc.co.uk

Baru-baru ini aplikasi Clubhouse semakin populer setelah Bos Tesla, Elon Musk, menyarankan penggunaan aplikasi khusus audio chat ini. Clubhouse adalah aplikasi media sosial berbasis audio chat yang para penggunanya bisa berinteraksi seperti mengobrol atau berdiskusi dengan pengguna lainnya. Sebelumnya, Elon Musk di akun Twitternya mengajak Presiden Rusia Vladimir Putin untuk bergabung dalam percakapan di Clubhouse, “@KremlinRussia_E (Akun Twitter Vladimir Putin) maukah Anda bergabung dengan saya untuk percakapan di Clubhouse?”. Ajakan Elon Musk kepada orang nomor satu di Rusia itu ternyata mengundang minat banyak orang untuk menggunakan aplikasi ini. Selain itu, Elon Musk juga mengadakan konferensi bersama CEO Robin Hood, Vlad Tenev. Konferensi itu sangat digemari oleh banyak orang bahkan hingga Clubhouse tidak bisa lagi menampung para pendengar hingga mengalihkan sebagian pengguna melalui media lain, yaitu Youtube.

Aplikasi yang muncul di masa pandemi, tepatnya pada Maret 2020, ini memiliki tiga aturan kelompok, yaitu tuan rumah, moderator, dan anggota audiensi yang penyampaiannya terlihat seperti diskusi panel virtual di konferensi. Penggunaan aplikasi ini sangat mudah, yaitu dengan mengunduh melalui App Store, kemudian mencari ruang untuk mengobrol. Pengguna dapat bergabung di dalam ruang untuk berpartisipasi atau hanya menjadi audiensi. Ruang tersebut bisa menampung dua hingga ribuan orang. Audiensi harus mengacungkan tangan agar diberikan kesempatan untuk berbicara di dalam panel konferensi tersebut. Adanya aplikasi ini membuat pengguna bisa berinteraksi dengan banyak orang dan tentunya menambah ilmu pada masa pandemi ini.

Saat ini, aplikasi Clubhouse telah diunduh sebanyak 10 juta kali dan belum menjalankan iklan apapun. Bisnis sosial memang sedang digemari selama masa pandemi ini, hal itu dikarenakan saat ini kita semua belum diperbolehkan untuk melakukan pertemuan karena akan berisiko menyebarkan virus COVID-19 yang sedang melanda seluruh dunia, maka tidak heran aplikasi ini diminati banyak pengguna. Pengguna Clubhouse mengunduh aplikasi ini karena mendapat berbagai manfaat dari beragam topik yang dibahas di ruang Clubhouse. Ruang pada Clubhouse sangat beragam, mulai dari ruang untuk membahas self-development, bisnis, atau hanya sebatas ruang untuk mengobrol santai. Mengingat berbagai tempat di dunia ini sedang banyak melakukan lockdown dan berbagai pembatasan kegiatan sosial menyebabkan kita sulit untuk mengadakan acara yang melibatkan banyak orang. Sehubung dengan hal tersebut, diinovasikanlah aplikasi media sosial ini untuk mewadahi masyarakat supaya tetap bisa melakukan interaksi pada masa pandemi yang masih belum diketahui akhirnya. Selain Elon Musk, ada Drake penyanyi populer, CEO Facebook Mark Zuckerberg, dan jajaran nama lainnya yang sudah meramaikan aplikasi ini sejak diluncurkan tahun lalu.

Perusahaan mengklaim memiliki rencana untuk menambah model layanan creator di masa mendatang. Salah satunya adalah rencana untuk peluasan pengguna aplikasi Clubhouse melalui pengguna Android karena selama ini aplikasi Clubhouse hanya bisa diunduh oleh pengguna iOs. Perusahan pengembang aplikasi ini sudah membenarkan adanya pengembangan ini. Mopewa, salah satu pengembang aplikasi Android, sejak 23 Februari 2021 mulai mengembangkan aplikasi Clubhouse. Pernyataan yang dikeluarkannya melalui akun Twitternya @mopewa_o ini menjadi pertanda Clubhouse akan hadir di Android. Mopewa sebelumnya berhasil mengembangkan aplikasi seperti Instagram dan Khan Academy. Apakah kamu tertarik mengunduh Clubhouse dan ikut merasakan sensasinya?

Sumber :

https://twitter.com/mopewa_o/status/1364007557509967872

https://www.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-011433477/mengenal-clubhouse-aplikasi-chat-audio-yang-semakin-populer-setelah-digunakan-elon-musk

https://www.popbela.com/lifestyle/news/niken-ari/clubhouse-akan-hadir-di-android/1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.