Tentang Solid

Tentang Kami

Lembaga Pers Mahasiswa SOLID merupakan Lembaga Semi Otonom (LSO) di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya yang bersifat independen dan bergerak pada bidang jurnalistik serta sebagai wadah informasi bagi mahasiswa Fakultas Teknik. Awal mula nama SOLID diambil dari kata Solidaritas, yang merupakan branding yang mewakili Fakultas Teknik. Secara harfiah SOLID juga mempunyai arti padat, kuat, kokoh/tangguh, kompak, dan menyatu.

Sejarah LPM Solid:

Pada tanggal 31 Agustus 1986 SOLID telah berdiri dengan awal penerbitan majalah SOLID edisi ke-1 berdasarkan ijin terbit dari SK Dekan No. 05/SK/6/IX/86 dan SK Senat No. 08/Kpts/SM-6/VII/86, yang mana terus menjadi landasan hukum penerbitan majalah SOLID hingga edisi ke-7. Pada bulan September 1989 majalah SOLID edisi ke-8 mendapat ijin terbit berdasarkan rekomendasi Depdikbud Dikti No. 2462/D5.5/V/89. Majalah SOLID edisi ke-22 bulan Agustus 1996 telah mendapatkan International Standart Serial Number (ISSN) 0853-8123, saat itu majalah SOLID berhasil masuk dalam Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang merupakan pusat International Serials Data System (ISDS) dan mampu menembus Pusat Data Penerbitan International yang berpusat di Paris, Perancis.

Pada tahun 1999 organisasi SOLID secara resmi mendapatkan status Lembaga Semi Otonom (LSO) di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, sesuai dengan AD/ART Keluarga Besar Mahasiswa Teknik (KBMT) Universitas Brawijaya Fakultas Teknik sampai sekarang. Tercatat pada tahun 1999 SOLID berhasil menjadi Juara ke-6 kompetisi Institut Studi Arus Informasi (ISAI), saat itu SOLID mengirimkan tiga edisi majalah yang terakhir untuk kemudian dinilai oleh dewan juri. Tahun 2012 SOLID tercatat sebagai Kategori Layout Majalah dan Desain Cover Majalah Terbaik antar LPM se-Malang Raya dalam rangka Dies Natalis ke-26 UAPM INOVASI, saat itu mengirimkan Majalah edisi 50 dan 51. 

Visi & Misi

Visi

  1. Ilahiyah; yaitu semua gerak dan langkah LPM SOLID FT UB haruslah dijiwai rasa berke-Tuhan-an Yang Maha Esa.
  2. Sosial; yaitu setiap kegiatan LPM SOLID FT UB berdimensi sosial kemasyarakatan dengan tetap mengutamakan kemerdekaan pers.
  3. Keteknikan; yaitu ikut mendukung usaha-usaha penguasaan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan cara penyampaian informasi seluas-luasnya.

Misi

  1. Wadah atau tempat kreativitas mahasiswa dalam bidang jurnalistik.
  2. Memfungsikan diri sebagai media kontrol sosial.
  3. Media informasi di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB).
  4. Sebagai sarana informasi dari luar kampus ke dalam lingkungan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya serta sebaliknya.

Struktur Organisasi

Pemimpin Umum Rizky T. Priambodo
Pemimpin Redaksi Sisca Ainun Nissa
Sekertaris Rizki Amanatush S.
Nadhia Sekarwardhani
Bendahara Eva Fransisca P.A.
Pemimpin Litbang Anthea Putri Yasmin
Anggota Litbang Reynaldo Musa
Abdullah Zulchoir
Philio Valerino
Irma Yunita
Ketua Bidang Humas Nun Faiz Habibulloh
Divisi Media Cetak Diah Fitri Maulida
Khodijah Nurfitri S.
Yunita
Azizah Putri Nur Aini
Divisi Media Online Annisa Giani Zahra
Demi Rosmandira
Nisrina Amelia Prijanto
Divisi Grafis dan Fotografi Aditya Wicaksana
Taslim Maulana
Ryan Farid
Indah Feliana
Faqih Syahputra

Kontak Kami

Alamat redaksi: Gedung Kemahasiswaan Lantai 2 Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Jl. Veteran, Malang, Jawa Timur, Indonesia 65145 | Email: solid.lpm@gmail.com