Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Korlantas Polri Siapkan 333 Titik Penyekatan di Seluruh Indonesia

Ilustrasi: Reza Adjie

Koordinasi antara Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas Polri) mengaku pihaknya telah menyiapkan berbagai skenario untuk mendukung larangan mudik Lebaran 2021, salah satunya dengan penyekatan. Penyekatan tersebut dilaksanakan di 34 provinsi Indonesia khususnya Lampung-Bali yang merupakan titik mobilisasi utama. Selain penyekatan, pihak Korlantas Polri juga telah menyiapkan pengamanan arus lalu lintas.

Ketua Korlantas Polri, Irjen Pol Istono menyampaikan ada sekitar 333 titik penyekatan yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Titik penyekatan sudah siap di jalan arteri dan jalan tol seperti pada jalur pantura karena jalan tersebut merupakan jalur utama masyarakat melakukan mudik. Aturan khusus juga akan disiapkan pada titik-titik penyekatan, tetapi untuk saat ini aturan tersebut belum ditetapkan secara pasti.

“Polri akan menyiapkan penyekatan di 333 titik dari jalur tol hingga jalur arteri, baik yang masuk ke pulau Jawa hingga yang keluar sekalipun. Penyiapan 333 titik ini juga akan berfokus pada daerah paling rawan yaitu rute Jakarta menuju Jabar dan Jateng. Kita akan siapkan titik-titik penyekatan tersebut agar semua masyarakat tidak melakukan mudik sesuai Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 No. 13 Tahun 2021,” ujar Istono pada rapat bersama dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di Gedung NTMC Polri.

Istono juga menyampaikan bahwa hal ini dilakukan karena berkaca ke liburan Idulfitri tahun lalu laju peningkatan covid setelah masa libur panjang hari raya Idulfitri. Berdasarkan data Satgas Covid-19 Tahun 2020, pada libur Idulfitri mengalami kenaikan rata-rata jumlah kasus harian 68% – 93% dengan penambahan kasus harian tertinggi mencapai lima ratus lima puluh sembilan kasus serta jumlah kasus mingguan berkisar 2.889 – 3.917 kasus. Sedangkan, persentase kematian mingguan antara 28% – 66% atau sebanyak enam puluh satu hingga seratus empat puluh tiga kasus kematian.

Di sisi lain, Istono mengungkapkan perlunya dilakukan koordinasi oleh Korlantas Polri dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menyamakan persepsi SKB agar larangan mudik Lebaran 2021 bisa dilakukan dengan baik. Hal tersebut pun sudah direspon oleh Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan yang telah memerintahkan para Dirjen untuk berkoordinasi dengan Kakorlantas Polri beserta gugus tugas Covid-19 untuk membahas teknik pengamanan larangan mudik Lebaran 2021. Koordinasi tersebut perlu dilakukan di tingkat daerah bukan di tingkat pusat saja agar penanganannya merata, sebagaimana Kemenhub menginginkan penanganan larangan mudik tetap humanis namun tegas.

Dengan metode penanganan yang dirancang oleh Korlantas Polri, konsep penanganan Dishub serta penanganan Covid-19 oleh Satgas Covid-19 tentunya diharapkan agar ditemukan titik ujung agar larangan mudik Lebaran tahun 2021 dapat dipatuhi oleh masyarakat. Untuk sementara, masyarakat menetap dulu di rumah masing-masing demi menurunkan laju penularan Covid-19.

 

Sumber : https://www.liputan6.com/news/read/4522047/mudik-lebaran-2021-dilarang-korlantas-polri-siapkan-333-titik-penyekatan-di-seluruh-indonesia

https://today.line.me/id/v2/article/5GL7O7

https://portal.kominfo.go.id/berita/kini/5413

https://nasional.sindonews.com/read/391204/14/korlantas-polri-siapkan-333-titik-penyekatan-pelarangan-mudik-lebaran-1617890682

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/336698/pemerintah-larang-mudik-lebaran-tahun-2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.