Rangkaian HPN 2021 Di Masa Pandemi

Tanggal 9 Februari setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN), dan juga sebagai hari jadi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Hal ini ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985 dengan tujuan terwujudnya kehidupan pers nasional Indonesia sebagai pers yang bebas dan bertanggung jawab berdasarkan Pancasila.

Sejarah Hari Pers Nasional

Sebetulnya, sudah sejak lama para wartawan sudah memimpikan berdirinya suatu organisasi profesi bagi dirinya, yaitu sekitar tahun 1910. Tetapi, pada tahun 1915 barulah terbentuk organisasi yang dinamakan “Inlandishe Journalisten Bond”, yang kemudian disusul dengan organisasi-organisasi sejenis lainnya. Namun, perlu diingat bahwa semua organisasi tersebut masih bersifat lokal dan belum mempunyai aktivitas yang jelas. Hal ini mungkin disebabkan oleh situasi politik yang tidak begitu menguntungkan pada masa itu. Hal seperti itu berjalan hingga zaman kemerdekaan. Setelah kemerdekaan, tepatnya pada tanggal 9 Februari 1946, dibentuk suatu organisasi yang diberi nama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Dan tanggal inilah yang diperingati sebagai hari PWI sampai sekarang. – dilansir dari jurnal Idealisme Pers Mahasiswa oleh Demi Rosmandira – Teknik Kimia.

 

Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2021

Umumnya, perayaan HPN dimeriahkan dengan pameran pers dan media, konvensi nasional media massa, penyerahan Anugerah Jurnalistik, bakti sosial, serta hiburan rakyat. Namun, pada kondisi istimewa ini, penyelenggaraan HPN yang seharusnya dipusatkan di Kendari, Sulawesi Tenggara, kini dialihkan ke Jakarta dan berlangsung secara virtual di seluruh Indonesia dengan tema “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan”.

Logo Hari Pers Nasional 2021
Sumber: editornews.pikiran-rakyat.com

Dikutip dari Suara.com, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania, mengatakan rangkaian kegiatan HPN 2021 sejatinya telah dilaksanakan sejak 20 Januari 2021 secara virtual dengan pelaksanaan kegiatan webinar dan sosialisasi kegiatan. Sedangkan, puncak kegiatan HPN dilaksanakan pada tanggal 6-9 Februari 2021 di Candi Bentar Hall, Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara. Hari terakhir puncak acara, pada tanggal 9 Februari akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo secara virtual dari Istana Merdeka.

“Kegiatan HPN ini dilaksanakan secara virtual di masing-masing daerah, namun panitia HPN dan Pengurus PWI Pusat hadir langsung di Ancol pada pelaksanaan webinar sampai dengan acara puncak dengan menjalankan protokol kesehatan dan tes Swab Antigen sebelum acara,” ujar Atik, Sabtu (6/2/2021).

Berikut jadwal puncak kegiatan Hari Pers Nasional 2021.

  1. Tanggal 6 Februari 2021
    – Webinar Adinegoro merupakan webinar yang diselenggarakan dalam rangkaian Penghargaan Jurnalistik Anugerah Adinegoro. Rencananya akan dihadiri oleh para pemenang penghargaan dari enam kategori, yaitu Kategori Cetak, Siber, Televisi, Radio, Foto, dan Karikatur beserta para juri.
    – Webinar Literasi Digital membahas mengenai Pemanfaatan TIK dalam Penanganan COVID-19 menghadirkan narasumber Kepala UP JSC, Pengurus PWI, Editor in Chief Tempo, dan Founder Channel Kok Bisa.
  2. Tanggal 7 Februari 2021
    – Webinar Percepatan Ekonomi Sosial membahas Prioritas Percepatan Pemulihan Ekonomi dengan menghadirkan narasumber Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kemenkeu RI, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Pemimpin Redaksi Infobanknews.com, dan Anggota Dewan Pers.
    – Webinar Industri Kreatif membahas mengenai Industri Kreatif di Masa Pandemi yang diselenggarakan pada tanggal 7 Februari dengan menghadirkan narasumber dari PWI dan pelaku industri kreatif, yaitu Founder Ikat Indonesia, Ketua IKAPI Jakarta, dan Program Director Katapel.id.
  3. Tanggal 8 Februari 2021
    Konvensi Nasional Media Massa dengan pembicara Menteri Kominfo RI, Menteri BUMN, Menteri Keuangan, Pimpinan Dewan Pers dan PWI, Perwakilan Pimpinan Media Massa, dan Perwakilan Pimpinan Daerah.
  4. Tanggal 9 Februari 2021
    Acara Puncak yang dihadiri secara daring oleh Presiden RI dari Istana, didampingi oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ketua Dewan Pers, dan Ketua PWI Pusat.

Dalam Acara Puncak ini akan dilakukan penyerahan Penghargaan di bidang Pers sebagai berikut.

  1. Penghargaan Anugerah Adinegoro
  2. Penghargaan Anugerah Kebudayaan
  3. Penghargaan Pena Mas
  4. Penghargaan BNPB / Satgas Covid 19
  5. Penghargaan Menkes.

 

Sumber            : solid.or.id, wikipedia.org, suara.com, infopublik.id
Disunting Oleh: Yunita Ayu dan Anditya Ika

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.