Jokowi Secara Khusus Berterimakasih kepada UB pada Dies Natalis UB ke-58

Ruang Samantha Krida.
Sumber Foto: UBTV

Universitas Brawijaya (UB) menggelar Rapat Terbuka peringatan Dies Natalis UB ke-58 di Samanta Krida pada Selasa, 5 Januari 2021 dengan membawakan tema “Tangguh Bereputasi Pada Masa Pandemi”. Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh beberapa civitas akademika dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dan dihadiri secara virtual melalui platform zoom serta ditayangkan secara langsung melalui kanal youtube UBTV LIVESTREAM

Sambutan oleh Bapak Presiden.
Sumber Foto: UBTV

Dies Natalis Universitas Brawijaya ke-58 tetap terasa istimewa dengan ucapan selamat dari Bapak Presiden Ir. H. Joko Widodo atas 132 paten inventor yang diajukan selama pandemi. Rekor ini merupakan terbanyak dari seluruh institusi perguruan tinggi di Indonesia. Beliau juga mengatakan, dari banyaknya paten yang disetorkan diharapkan akan terciptanya juga kolaborasi antara universitas dengan dunia industri untuk kemajuan bangsa. Selain itu, paten ini juga diharapkan membantu sebagai terobosan untuk mengatasi masalah pandemi.

Sambutan oleh Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Sumber Foto: UBTV

Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, B.A,M.B.A  juga ikut berpesan kepada Universitas Brawijaya agar mendorong mahasiswanya untuk mencoba pengalaman bermakna di dunia kerja karena dengan itulah mahasiswa bisa adaptif, fleksibel, dan berorientasi pada masa depan. Tidak hanya mahasiswa, para dosen pun disarankan untuk menggali pengalaman di luar kampus dan membawa kembali ke kampus. Semua konsep itu tertera pada kurikulum Merdeka Belajar. Untuk mempercepat akselerasi belajar itu, Bapak Menteri menginginkan Universitas Brawijaya mendorong perubahan menjadi PTN Badan Hukum yang memiliki otoritas utuh dan akuntabilitas tinggi agar transformasi lebih mudah dilakukan.

Rektor UB Menjelaskan Situs Web Database Hasil Inovasi Mahasiswa.
Sumber Foto: UBTV

Selanjutnya, Bapak Rektor Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR.,MS mempresentasikan pencapaian UB pada tahun 2020. Mulai dari akreditasi, peringkat pimnas, hingga ranking kemahasiswaan yang meroket menjadi rangking 2 besar. Dalam meningkatkan bidang inovasi, Universitas Brawijaya siap meluncurkan situs web yang berisi database inovasi mahasiswa Brawijaya, pada laman inovasi.ub.ac.id. Selain itu, pihak rektorat juga berbangga atas banyaknya jalinan kerjasama dengan UB, yaitu sebanyak 3330 jalinan.

Tampilan Pameran Karya Inovasi Mahasiswa UB.
Sumber Foto: expo2020.ub.ac.id

Dies Natalis ini juga dengan bangga merilis Virtual Innovation Expo Universitas Brawijaya yang merupakan pameran karya inovasi yang dapat diakses sepanjang 2021 pada expo2020.ub.ac.id

Selanjutnya, ada orasi ilmiah oleh Dr. Eng. Novanto Yudistira, S.Kom, M.Sc dengan judul “Peran Big Data dan Deep Learning dalam Menyelesaikan Masalah secara Komprehensif”. Dengan analisa ini, berpotensi menggali pengetahuan secara komprehensif multidisiplin. Sehingga mampu untuk berkontribusi secara positif pada kemajuan di berbagai aspek bidang kehidupan terutama untuk Indonesia ke depannya.

Sebagai penutup dan pemeriah, Master of Ceremony (MC) mengumumkan penghargaan bagi unit kerja yang memenangkan Universitas Brawijaya Annual Quality Award (UBAQA). Dalam kategori fakultas, Fakultas Teknik dapat menyabet peringkat 3 setelah FMIPA dan Fakultas Teknologi Pertanian. Acara dilanjutkan pembagian hadiah dengan berbagai barang menarik dan bernilai menggiurkan. Mulai dari sepeda gunung, laptop, tv, kulkas, mesin cuci, tabungan mandiri, dan barang elektronik lainnya. Sayangnya, hanya orang yang terdaftar yang bisa mendapatkan hadiah tersebut.

Daftar Hadiah Dies Natalis UB ke-58.
Sumber Foto: expo2020.ub.ac.id

Liputan oleh Annisa Cahyaning Jannah
Disunting oleh Samuella Natasha Tedjokusumo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.