Resolusi untuk Mahasiswa di 2021?

sumber gambar: post.healthline.com

Berakhirnya tahun 2020, bukan berarti berakhir semua masalah di tahun 2020. Dikarenakan keberadaan COVID-19 masih menjadi momok yang menakutkan bagi makhluk hidup terutama manusia yang ada diseluruh dunia. Walaupun sudah ditemukan vaksin untuk menangani virus ini, namun belum dapat dipastikan bahwa penyebaran vaksin dapat membawa kesembuhan dan menghentikan penyebaran COVID-19.

Di sisi lain, COVID-19 juga memiliki dampak positif bagi lingkungan dan pembelajaran hidup untuk manusia agar menjadi sabar, patuh pada peraturan, dan mampu menerima keadaan. Segala permasalahan dan pembelajaran pada tahun 2020 dapat kita jadikan sebagai bekal untuk menghadapi tahun baru 2021.

Awal tahun sangat erat kaitannya dengan resolusi, yaitu harapan setiap orang untuk kehidupan pada tahun 2021 ini. Walapun kita tidak tau kelanjutan kasus COVID-19, namun harapan tetap harus diupayakan untuk mencapainya. Sebagai mahasiswa tentu kita menginginkan untuk kembali kuliah secara luring (tatap muka), bertemu dengan teman, bisa bermain, nongkrong, tentunya untuk mahasiswa tingkat akhir ingin merasakan wisuda, dan untuk freshgraduate segera mendapatkan pekerjaan meski di masa pandemi ini.

Meskipun harapan tersebut belum berlaku untuk semester ganjil ini, namun masih dapat diupayakan untuk semester genap mendatang. Maka dari itu, kita semua harus mematuhi peraturan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-2019). Pasal 1 menyebutkan bahwa “Dalam Peraturan Pemerintah ini, yang dimaksud dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).” Apabila harus keluar ruang diwajibkan memakai masker, menjauhi kerumunan dan selalu mencuci tangan dengan air. Diharapkan apabila semua orang mematuhi peraturan dapat mengurangi penyebaran virus corona ini. Sedangkan untuk menghadapi semester genap ini, semoga mahasiswa semakin rajin kuliah walaupun masih online, program kerja (proker) tetap jalan, dan untuk fresh graduate semoga cepat mendapat kerjaan di masa pandemi ini.

Telah banyak kesulitan yang terlewati di tahun 2020, tentunya mahasiswa mengalami kekurangan dalam pemahaman sistem pembelajaran secara daring. Dalam proses belajar mengajar online sangatlah diperlukan akses jaringan internet yang baik. Kerap terjadi permasalahan jaringan yang menimbulkan terputusnya media belajar online via Zoom Cloud Meeting maupun GoogleMeet yang menjadi penghubung kegiatan pembelajaran antara dosen dengan mahasiswa. Hal tersebut telah diatasi oleh pemerintah dengan memberikan subsidi kuota gratis pada tiap mahasiswa. Namun, tetap saja banyak keterbatasan dan kekurangan dalam penyampaian materi sehingga mahasiswa semakin malas untuk mempelajarinya karena kurang memahami penjelasan yang telah diutarakan dosen.

Dalam menyambut tahun 2021, diharapkan mahasiswa semakin rajin untuk membaca jurnal ataupun buku yang dapat menunjang pemahaman materi di rumah masing-masing di masa pandemi ini. Semua sumber penghalang harus bisa diatasi mulai dari diri sendiri. Mahasiswa yang terbiasa berkumpul dan bermain dengan temannya harus dapat menjaga diri dengan mematuhi protokol kesehatan, lebih baiknya lagi berusaha menahan untuk tidak bertemu terlebih dahulu agar masalah penyebaran COVID-19 dapat berkurang. Resolusi lainnya berupa kontrol kesehatan setiap mahasiswa, kita harus memiliki pola hidup sehat untuk menghalau segala penyakit. Kebiasaan begadang pada mahasiswa juga perlu dikurangi dengan istirahat yang cukup.

Sifat malas yang selalu muncul ketika berada di rumah sendiri harus bisa dihadapi dengan cara menetapkan target yang ingin kita capai pada tahun 2021. Peningkatan keahlian diri di bidang masing-masing perlu ditingkatkan lagi melalui keikutsertaan dalam seminar online. Semua itu menjadi resolusi yang akan dilakukan di tahun 2021 sehingga kualitas diri makin bertambah dan semua masalah yang akan dihadapi pada tahun 2021 bisa diatasi dengan mudah. Refleksikan diri masing-masing untuk senantiasa menjaga diri, terutama kesehatan, serta sayangilah orang terdekat kalian karena waktu sangatlah berharga. Segala aktivitas bepergian diusahakan dapat dihentikan dulu sementara ini dan jangan lupa patuhi protokol kesehatan yang ada.

Sumber: Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 21 Tahun 2020

Tulisan oleh Gayatri Rahayu dan Anditya Ika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.