PEMIRA UB, Akses Mudah Memilih Kandidat dengan Konsep yang Berbeda

Pelaksanaan PEMIRA UB 2020 merupakan agenda rutin yang diselenggarakan di Perguruan Tinggi UB untuk memilih kepengurusan baru Lembaga Kedaulatan Mahasiswa UB (LKM UB). Konsep yang digunakan saat ini berbeda dengan PEMIRA sebelumnya, untuk PEMIRA 2020 yaitu “Alea Jacta est” yang memiliki dua makna sebagai berikut keputusan yang tegas dan kondisi sulit. Keputusan yang tegas berarti bahwa hasil pemilihan suara dari mahasiswa adalah mutlak kehendak mahasiswa UB dalam menentukan pemimpin. Sedangkan makna kondisi sulit adalah penggambaran kondisi saat ini yang sedang dihadapi merupakan kondisi yang sangat berbeda dikarenakan adanya pandemi. Kedua makna tersebut saling berkaitan. Pernyataan tersebut disampaikan pada Senin (23/11/2020) Pukul 19.00 WIB.

Filosofi logo yang digunakan adalah Palu (keputusan mutlak yang dihasilkan dari kedaulatan mahasiswa UB dalam menentukan figur pemimpin baru LKM UB), Alas Palu bertingkat 2 (lembaga eksekutif di posisi bawah diikuti lembaga legislatif pada posisi atas), dan Lengkungan emas (mahasiswa UB mempunyai harapan baru yang gemilang). Sedangkan untuk warna yang digunakan adalah warna coklat diartikan sebagai keakraban dan rasa aman dalam pelaksanaan pemilihan, warna biru diartikan sebagai stabilitas kedaulatan, kecerdasan, rasa percaya diri yang dapat menentukan pilihan secara independen, dan warna kuning diartikan sebagai ceria, bahagia, energik, optimis yang dapat menghasilkan ide inovasi yang bermanfaat untuk semua.

Komponen yang terlibat dalam PEMIRA UB 2020 yaitu ada panitia pelaksana, panitia pengawas, panitia pengarah, dosen panitia, dan mahasiswa aktif UB. Pada PEMIRA UB 2020 dilakukan dengan sistem online yaitu dengan log in menggunakan NIM dan Password yang terintegrasi dengan BITS dan Authentication UB. Sistem yang digunakan adalah perubahan model jaringan sistem yang diadaptasi dari model LAN dengan tujuan agar dapat diakses dalam lingkup area yang lebih luas. Untuk meminimalkan kesalahan akun, otentikasi PEMIRA tidak menggunakan otentikasi yang sama dengan GAPURA.

Inovasi PEMIRA UB yaitu twibbon, ada juga perlombaan twibbon dan video, serta branding dilakukan dengan official account instagram, selain itu branding melalui tiktok, info grafis, podcast, dan kuis. Pelaksanaan dan pembukaan rekapitulasi suara PEMIRA UB 2020 akan diadakan pada tanggal 26 Januari 2021 dengan pelaksanaan secara online dan disiarkan melalui official account PEMIRA UB.

(Archika, Gayatri/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.