terimakasih Covid-19, saat kuliah online kita lebih aktif berpendapat?

oleh : nun faiz habibullah ahmad

tak dipungkiri pandemi Covid-19 akan terus hidup bersama dengan kita (manusia) bahkan akan menjadi penyakit flu biasa setelah ditemukannya vaksin. adanya pandemi ini, sektor ekonomi, sosial, dan lingkungan turut terdampak. sektor ekonomi sangat jelas dampaknya, sektor sosial jelas juga dampaknya tetapi tetap jalan dengan hadirnya teknologi masa kini. mungkin, hanya sektor lingkungan yang memiliki banyak dampak positif dengan adanya pandemi ini. banyak tulisan yang membahas ketiga sektor tersebut. baik, tulisan ini merupakan opini dari penulis tentang perkuliahan online selama covid-19.

saat perkuliahan online apakah kita lebih aktif berpendapat? saya melihat dua hal yang berbeda selama menjalani kuliah online. pertama, kuliah online yang menggunakan google classroom, mahasiswa lebih aktif berpendapat dibandingkan perkuliahan biasa (offline). kedua, kuliah online yang menggunakan zoom meet, atau segala jenis aplikasi tatap muka, mahasiswa cenderung pasif atau kurang lebih tidak ada perubahan dengan perkuliahan biasa.

pertanyaannya mengapa mahasiswa lebih aktif berpendapat menggunakan google classroom daripada aplikasi tatap muka online seperti zoom?.dugaan saya, mungkin mahasiswa lebih bebas mengetik atau menulis daripada berbicara karena mahasiswa masih memiliki waktu (meski sedikit) untuk mencari data, berpikir, dan menulis. mahasiswa lebih relaks saat mengikuti perkuliahan, tidak kaku seperti bertatapan langsung dengan dosen (kuliah offline). tak sedikit dari mahasiswa yang mengikuti perkuliahan online sambil tiduran, bersantai, atau bahkan mendengarkan musik. itu terjadi saat menggunakan google classroom, mahasiswa tidak sebebas itu saat menggunakan zoom.

tak hanya keaktifan yang tampak saat perkuliahan online menggunakan google classroom, kecerdasan mahasiswanya pun tampak. bahkan, seorang dosen tampak kagum dengan pendapat mahasiswa-mahasiswanya. “pendapat kalian bagus-bagus semua, saya baru tahu kalau kalian punya pikiran seperti itu, andai kalian aktif seperti ini saat perkuliahan biasa” ungkap salah satu dosen saat mengajar online.

memang tampak lebih aktif daripada perkuliahan biasa. teman saya yang biasanya pendiam saat kuliah biasa, ternyata dia sangat aktif saat perkuliahan online dan mengeluarkan pemikirannya yang keren. mungkin kita tidak akan pernah tahu kalau ternyata teman kita memiliki pemikiran yang cemerlang jika tidak menggunakan google classrom.

masih banyak pertanyaan mengapa mahasiswa lebih aktif ketika tidak bertatapan langsung dengan dosen. untuk mengawali pertanyaan, saya bertanya, bagaimana ide cemerlang muncul? apakah saat mahasiswa tegang bahkan  dipaksa untuk berpikir atau saat ia relaks saat menghadapi permasalahan?

disclaimer: saya sedang tidak mempromosikan google classroom karena sering mengungkapkan kebaikannya, karena memang seperti itu adanya, meski terdapat kekurangan yang lain. namun, dari sisi memicu keaktifan mahasiswa dia adalah salah satu media yang cocok menurut saya, tanpa dipaksa untuk berpendapat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.