Diguyur Hujan, 700 Mahasiswa Baru Serukan Jargon Teknik

Didampingi lebih dari 300 orang panitia KRIDA FT-UB 2018, lebih dari 700 mahasiswa baru melaksanakan longmarch pada sabtu (24/11) kemarin. Tradisi tahunan Fakultas Teknik pada tahun ini memilih rute yang dimulai dari depan Kafetaria Teknik kemudian dilanjutkan melewati Fakultas Ekonomi Bisnis, Bundaran Rektorat, Depan Gedung Widyaloka, Gedung Mesin I dan berakhir di titik mulai, yaitu depan Kafetaria Teknik. Yang menjadi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, longmarch tahun ini dilangsungkan pada siang hari ditengah hujan deras. Meski diguyur hujan, teriakan jargon tetap dilantangkan dan tidak ada perubahan rute.
“Prinsipnya kita kalau memulai harus diakhiri dan apapun hasilnya kita harus bertanggung jawab. Kemarin udah sempat mau berhenti apa lanjut, namun sudah berkoordinasi dan juga (panitia) tanya kesanggupan dari putra maupun putrinya, ketika dia tidak sanggup sangat dipersilahkan keluar dari barisan,” ungkap Hariyono ketika menjelaskan alasan mengapa longmarch tetap dilangsungkan walaupun kondisi hujan. Selaku Dewan FT-UB, menurutnya tidak ada alasan untuk panitia menghentikan acara yang terbentur rundown tersebut. Baginya, ketika menunggu hujan reda pun tidak ada jaminan hujan akan reda, padahal pukul 15.30 WIB lokasi harus steril dari mahasiswa baru.
Tahun ini, longmarch diadakan lebih siang dari tahun sebelumnya. Berdasarkan koordinasi panitia bersama Mako, pelaksanaan longmarch disarankan dilaksanakan pada siang hari karena pada pagi hari masih ada acara wisuda di lapangan rektorat.
Di tengah pelaksaan longmarch sempat terjadi sedikit konflik antara panitia dengan pihak external dikarenakan ada kesalahpahaman perihal dokumentasi “Kemarin itu karena ada yang motret kemudian kita samperin terus katanya tidak, cuman main game, jadi gaapa yang penting bisa mengkondisikan aman mahasiswanya,” jelas Hariyono. Dari kegiatan longmarch ini diharapkan mahasiswa baru dapat dan bisa paham dengan identitas teknik sebelum ke ranah luar yang lebih luas. (dhe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *