MAKO Tarik Personel Libur dan Keamanan Gerbang untuk Perketat Keamanan Upacara di Lapangan Rektorat

Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Repbublik Indonesia ke-73 digelar oleh Universitas Brawijaya pada Jum’at (17/8) mulai pukul 07.20 WIB. Untuk menjaga ketertiban dan kekhidmatan upacara, 21 personel keamanan kampus ditugaskan di sekitar Lapangan Rektorat Universitas Brawijaya. Banyaknya petugas keamanan yang diperlukan membuat Komandan Satuan Pengamanan UB, Syambodo Rachman, menarik personel pengamanan dari gerbang akses universitas dan personel yang libur.
“Jadi yang kita tarik untuk masing-masing gerbang itu ada sekitar satu sampai dua personel tergantung keadaan mobilitas gerbang itu sendiri, bahkan karyawan yang libur pun kita suruh masuk dan ikut sertakan,” jelas Syam. Syam mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan karena permintaan dari pimpinan terhadap jumlah petugas yang mengamankan upacara cukup banyak. Ia juga menjelaskan bahwa tidak memungkinkan untuk mengambil semua personel pengamanan gerbang dan dibiarkan kosong.
Untuk akses menuju kampus, Syam mengatakan semua gerbang masuk dibuka di pagi hari selama upacara berlangsung. “Tadi pagi, semua gerbang bisa diakses untuk memudahkan karyawan, mahasiswa, maupun peserta upacara lainnya saat akan menghadiri upacara dan (ketika) pulangnya juga seperti itu,” jelas Syam. Ia menjelaskan jika upacara telah selesai, hanya Gerbang Veteran saja yang akan dibuka karena Jum’at (17/8) ini merupakan hari libur.
Selama upacara berlangsung tidak dilakukan pengalihan arus kendaraan dalam area kampus. “Tetapi kita hentikan untuk sementara kendaraan yang lewat laprek, Lapangan Rekorat, saat pengibaran bendera berlangsung untuk menghormati,” terang Syam. (rrs/rtp/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *