Butuh Semangat, Wakil Dekan Kemahasiswaan Berikan Motivasi untuk Pejuang PKM

Beberapa tim dari total 19 tim PKM asal Fakultas Teknik menyatakan belum 100 persen siap untuk menghadapi monitoring dan evaluasi eksternal yang dimulai Kamis (19/7). Di sisi lain Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FT-UB, Dr. Eng. Denny Widhiyanuriyawan S.T., M.T., memberi motivasi kepada para pejuang PKM tersebut.

Salah satu tim PKM Penelitian Eksakta menyatakan bahwa baru memiliki kesiapan sekitar 70% “Kendalanya sih banyak, karena metode kami nggak cocok, jadi kami sering cari jurnal lagi, sharing dengan dosen pembimbing sampai mengganti metode berkali-kali” , tutur Losen – salah satu anggota tim PKM-PE tersebut. Losen juga menjelaskan jika tim nya harus menguji hingga tiga kali. Selain itu mahasiswa teknik kimia angkatan 2016 tersebut juga menjelaskan ada kendala di literatur.

Kendala selama persiapan juga dialami oleh salah satu tim PKM Kewirausahaan. “Kendala paling utama waktu sih sebetulnya. Tiap anggota pasti punya kesibukan lain kan, kadang susah cari waktu buat kumpul full team,” terang Amalia – mahasiswa teknik industri angkatan 2016. Mahasiswa asal Malang tersebut juga menuturkan bahwa sebenarnya timnya menerima pesanan dalam jumlah besar terkait produk kewirausahaan timnya. Namun tim Amalia lebih memfokuskan untuk kesiapan monitoring dan evaluasi karena terkendala waktu. “Kalau persiapan sih kurang lebih sekarang (18/7) 90%,” jelas Amalia.

Di sisi lain, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FT-UB menyatakan harapannya para pejuang PKM dari Fakultas Teknik bisa 100% siap saat monitoring dan evaluasi eksternal, yang menurut informasi akan diadakan di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Menurut dosen teknik mesin tersebut mahasiswa teknik sebenarnya pintar dalam mencari solusi hanya saja masih tertutup. Denny juga mengatakan bahwa yang diperlukan adalah motivasi.  “Totalitas. Totalitas untuk menjadi juara. Mental juara sudah terbentuk di Fakultas Teknik,” Dr. Eng. Denny Widhiyanuriyawan, S.T., M.T. menyemangati. (rtp/sca/rif/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *