Inisiasi Fakultas Teknik Untuk Rektor Cup

Teknik mengangkasa. Masih hangat di ingatan atas keberhasilan Fakultas Teknik meraih juara umum dalam ajang Rektor Cup 2018 (15/4) di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya. Fakultas yang akrab dengan jargon 1. 2.. 3… TEKNIK!!! ini mengirim sebanyak 16 delegasi dan berhasil mendapatkan tiga emas, satu perak, dan satu perunggu. Capaian tersebut merupakan awal yang sangat baik bagi para mahasiswa baru Fakultas Teknik dalam meraih prestasi akademis.

Pada ajang yang diselenggarakan khusus untuk mahasiswa baru ini, tentunya kontingen Fakultas Teknik tidak lepas dari dukungan pihak fakultas yang juga bersinergi dengan pihak Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Dukungan tersebut berupa persiapan tempat kegiatan, fasilitas pelatihan presentasi, kritik dan saran mengenai pembawaan presentasi, dan yang tidak kalah penting yaitu motivasi.

Fakultas Teknik memiliki inisiasi untuk mempersiapkan Rektor Cup. Inisiasi tersebut berupa ajang serupa dalam dalam lingkup fakultas, yaitu Dekan Cup. Delegasi yang dikirim ke tingkat universitas merupakan tim yang sebelumnya telah lolos pada seleksi di Dekan Cup. Pada hal ini, mahasiswa baru memang terus dipantau perkembangannya sejak awal, sehingga persiapan untuk Rektor Cup dapat lebih maksimal. Selain itu, wajib dilaksanakan evaluasi untuk menemukan formula terbaik yang bisa diterapkan untuk ajang tahun berikutnya.

Terdapat berbagai keuntungan menjadi juara umum, baik bagi delegasi maupun bagi nama fakultas. Bagi delegasi, ada reward berupa uang dengan nominal yang berbeda pada setiap medali yang diperoleh. Bagi fakultas, ada reward berupa piala bergilir. Dengan menjadi juara umum, Fakultas Teknik juga dapat meningkatkan antusias akan PKM di lingkungan Teknik. Hal tersebut tentu dapat memacu semangat dari mahasiswa teknik lainnya dalam meraih prestasi akademik bahkan untuk tingkat yang lebih tinggi.

“Fakultas teknik bagian dari problem solver,” ungkap Dr.Eng. Denny Widhiyanuriyawan,ST., MT selaku WD Bidang Kemahasiswaan. Dalam penuturannya, setiap ilmu yang dipelajari di jurusan yang ada di Fakultas Teknik bisa diberdayaka untuk menjadi karya tulis ilmiah.

“Untuk tim, semoga tidak berhenti di rektor cup saja, semoga dapat berlanjut hingga PKM Dikti. Untuk fakultas, semoga lebih maksimal pada pelaksanaan dekan cup dan jangka waktunya tidak terlalu dekat dengan rektor cup agar persiapan lebih maksimal lagi. Dan, untuk UB, semoga tahun ini bisa kembali menjadi juara umum PIMNAS.” Harap salah seorang delegasi Fakultas Teknik yang menjadi pemenang dalam Rektor Cup 2018.

“Semoga FT bisa mempertahankan juara umum ke depannya, dan bisa diaplikasikan pada PKM Dikti maupun LKTI lainnya.” Kata Philio Valerino selaku penanggung jawab kontingen FT.

Selamat kepada delegasi FT atas prestasinya dalam meraih juara umum Rektor Cup 2018. Sukses selalu dan tetap semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *