Dekan Cup, Apresiasi Jalur Prestasi

PKM Maba 2018

Kompetisi paling bergengsi di bidang PKM tingkat Fakultas Teknik Universitas Brawijaya telah selesai. Setelah berlangsung sejak tahap sosialisasi yakni dari bulan November, pengumpulan karya di bulan Januari, hingga akhirnya Final Dekan Cup 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 24 Februari 2018.

Jika dilihat dari persiapan yang begitu lamanya, tidak heran jika ide-ide yang dihasilkan pun sangat kreatif dan unik. Salah satu ide yang unik dan kreatif dari pesertas Dekan Cup ini adalah PAPI MAMI SEBEL, pemenang juara 1 PKM-P, yang merupakan singkatan dari Pemanfaatan Pelepah Pisang untuk Pemurnian Minyak Jelantah sebagai Bahan Baku Biodiesel. Dengan persiapan yang cukup lama tersebut, pastilah mengalami naik dan turunnya euforia. Hal ini dibenarkan oleh Philio Valerino selaku ketua pelaksana, “Pada saat persiapan memang dilihat kurang bersemangat, mungkin dikarenakan adanya pembagian konsentrasi pada hal-hal lain pula. Namun, ketika mendekati Dekan Cup, saya lihat semangatnya mulai meningkat.”

Kegiatan yang ditujukan kepada Mahasiswa Baru 2017 ini menurut Philio Valerino, berfokus pada persiapan Rektor Cup 2018 yang akan diadakan sebentar lagi. Usaha Fakultas Teknik dalam menghadapi Rektor Cup pun menurut Reza Novianda, Dewan Teknik Bidang Keilmuan, sudah 80%. Kedepannya akan diadakan pelatihan-pelatihan menuju Rektor Cup.

Muhammad Dwi Prasetyo, salah satu pemenang Dekan Cup, mengharapkan adanya dukungan moral yang diberikan menuju Rektor Cup 2018 ini. Harapan dari banyak pihak, mulai dari Fakultas hingga para peserta itu sendiri, Fakultas Teknik dapat menorehkan prestasi cemerlang yaitu antara juara satu, dua, ataupun 3 di tingkat Rektor Cup.

Selain tingkat Rektor Cup, sebenarnya ide-ide dari para Mahasiswa Baru ini pun diharapkan dapat terus dikembangkan dan diikutsertakan dalam ajang-ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diselenggarakan oleh pihak-pihak lainnya (azz/red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *