Situs Web Arsitektur FT-UB Diretas, Dipasang Lagu Korea

LPM Solid, Malang–Situs web Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Brawijaya yang beralamat di www.arsitektur.ub.ac.id telah diretas pada Jumat malam (22/12) dan hingga berita ini diturunkan (23/12) belum kembali normal.

Halaman muka situs web diganti dengan ilustrasi seorang anak perempuan yang berpose peace berlatar hitam dengan animasi salju turun. Pada bawah ilustrasi tersebut tertulis “Hacked by xMoody_ Ft. Mr.Cakil”. Tidak hanya itu, terdengar juga lagu Korea, “Give Love” yang dinyanyikan Akdo Musician (AKMU), grup dari duo bersaudara Lee Chan-hyuk dan Lee Su-hyun. Lagu tersebut diputar di latar belakang yang akan otomatis terdengar ketika situs web dibuka.

Diretasnya situs web Jurusan Arsitektur ini juga mengganggu aktivitas mahasiswa yang bergantung kepada situs web tersebut. Mahasiswa Arsitektur angkatan 2013, Wafid Irsyad misalnya, ia mengungkapkan bahwa dirinya cukup terganggu dengan diretasnya situs web Jurusan Arsitektur karena ia bergantung pada situs web tersebut untuk melihat informasi tentang jurusan, terutama nama lengkap serta gelar dosen untuk keperluan skripsi dan lain sebagainya. Selain itu, format-format surat yang ada untuk keperluan jurusan seperti formulir KKN-P dan surat survey juga berada di situs web tersebut.

Dalam kasus ini, peretas melakukan apa yang disebut sebagai defacement atau yang lebih sering dikenal dengan deface. Deface adalah sebuah bentuk serangan pada situs web dengan masuk ke dalam celah keaman lalu mengganti tampilan muka situs web tersebut dengan yang dikehendaki oleh peretas. Bisa berupa gambar, tulisan, bahkan video atau musik. Dalam banyak kasus, peretas melakukan deface untuk menyebarkan pesan-pesan tertentu dan pernyataan politis sebagai sebuah gerakan aktivisme siber. Maka dari itu, metode ini sering juga dianggap sebagai sebuah “grafiti elektronik” atau sebuah bentuk lain dari vandalisme. Namun pada kasus ini, tidak diketahui apa yang coba disampaikan peretas dengan memutar lagu Korea di situs arsitektur. Kemungkinan lain adalah peretas hanya iseng dan menguji kemampuannya.

Update 24/12/2017

Selain situs web Jurusan Arsitektur, situs web BEM Fakultas Kedokteran Gigi yang beralamat di bem.fkg.ub.ac.id juga diretas oleh peretas yang sama dan dengan tampilan yang sama pula. Hanya saja pada situs web BEM FKG ada pesan tambahan dari peretas yang menyatakan bahwa indeks situs web tersebut aman dan mereka hanya ingin menguji keamanan saja. Hingga update ini dibuat, baik situs web Jurusan Arsitektur dan BEM FKG belum kembali normal. (ram)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *