BEM Tolak Pencatutan Nama Lembaga Fakultas Teknik pada Kegiatan OMEK

LPM SOLID, Malang – Beredar sebuah poster kegiatan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di media sosial yang mencatumkan foto beberapa alumni Fakultas Teknik Universitas Brawijaya beserta jabatan yang pernah diembannya selama menjadi mahasiswa. Dalam keterangan poster yang diposting akun LINE HMI Brawijaya tersebut, tertuliskan ajakan bagi mahasiswa Teknik untuk bergabung bersama HMI yang sedang melakukan rekrutmen terbuka, lengkap dengan slogan “who’s the next leader?”. Pendaftaran anggota tersebut disebutkan dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Teknik Brawijaya.

Menanggapi beredarnya kiriman tersebut, BEM Fakultas Teknik mengambil sikap tegas dengan mengeluarkan surat pernyataan resmi yang menyatakan penolakan terhadap pencatutan nama lembaga Fakultas Teknik dalam poster kegiatan HMI tersebut. Surat pernyataan ini ditandatangani oleh jajaran Dewan BEM Fakultas Teknik serta ketua Himpunan Jurusan. Penolakan ini menurut Koordinator BEM Fakultas Teknik, Panser Prakoso yang ditemui LPM Solid di Sekretariat BEM pada Rabu (29/11) adalah karena poster tersebut bertendensi membawa kepentingan organisasi eksternal ke dalam internal kampus. “Teknik adalah lembaga yang independen, dalam artian tidak ada sangkut pautnya dengan kegiatan kelembagaan eksternal”, tegasnya.

BEM Fakultas Teknik sendiri tidak memungkiri bahwa foto-foto yang ditampilkan adalah benar merupakan alumni mahasiswa Fakultas Teknik yang pernah tergabung dalam jajaran Dewan BEM Fakultas Teknik. Namun sekali lagi Koordinator BEM menegaskan bahwa BEM Fakultas Teknik tidak ada keterkaitan sama sekali dengan organisasi yang bersangkutan. Ia juga menambahkan bahwa BEM Fakultas Teknik tidak bertanggungjawab dalam kegiatan eksternal yang diadakakan oleh organisasi selain yang disebutkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Keluarg Besar Mahasiswa Teknik. Alat kelembagaan yang dimaksud yakni Himpunan, lembaga Fakultas, Lembaga Semi Otonom, Kongres Mahasiswa Teknik, dan program studi.

Berikut merupakan lima poin yang terdapat pada surat pernyataan sikap yang dikeluarkan oleh BEM-FT dengan nomor 121/BEM TEKNIK/FT UB/I/XI/2017 :

  1. Sesuai AD/ART, BEM Teknik 2017-2018 dan HMJ FT-UB tidak mengakui adanya Komisariat Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus di lingkungan Fakultas Teknik.
  2. BEM Teknik 2017-2018 dan HMJ FT-UB tidak ada urusannya dengan embel-embel kaderisasi yang mengatasnamakan komisariat Teknik UB
  3. Pengunaan embel-embel Teknik UB dalam kegiatan kaderisasi Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus merupakan klaim sepihak dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.
  4. BEM Teknik 2017-2018 dan HMJ FT-UB tidak menaungi dan tidak bertanggungjawab terhadap kegiatan-kegiatan yang merupakan klaim sepihak.
  5. Kegiatan ekstra silahkan untuk melakukan kegiatan dengan tujuan di luar kepentingan kampus sehingga tidak menciderai kedaulatan mahasiswa.

 

Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus atau OMEK memang bukan hal baru bagi mahasiswa di Universitas Brawijaya. Seperti organisasi-organisasi lainnya, tentunya OMEK akan berupaya melakukan kaderisasi anggota agar rantai kepengurusan tidak terputus, salah satunya melalui rekrutmen terbuka yang seringkali sudah menyasar mahasiswa sejak masih berstatus mahasiswa baru. HMI sendiri merupakan salah satu OMEK terbesar yang sudah ada sejak tahun 1947. Anggotanya terdiri dari mahasiswa-mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indoensia, tidak terkecuali mahasiswa Universitas Brawijaya. Dengan jaringan yang cukup luas baik di dalam maupun di luar kampus, HMI cukup rutin melakukan kegiatan-kegiatan dengan melibatkan tokoh-tokoh maupun alumni yang dianggap berprestasi.

BEM Fakultas Teknik perode 2017-2018 secara terang-terangan menolak pergerakan OMEK di dalam Fakultas dalam segala bentuk kegiatan. Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas Indonesia Nomor26/Dikti/Kep/2002 tentang Pelarangan Organisasi Ekstra Kampus Atau Partai Politik Dalam Kehidupan Kampus yang melarang Organisasi Eksternal Kampus untuk melakukan aktivitas di dalam kampus. Hal ini bertujuan untuk menjaga iklim organisasi mahasiswa yang kondusif dan stabilitas politik mahasiswa internal kampus. (Ami/Fit/Nin/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *