Sumpah Pemuda

Setiap tanggal 28 Oktober diperingatkan sebagai Hari Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda merupakan tonggak pergerakan para pemuda Indonesia untuk kemerdekaan Indonesia. Sumpah pemuda merupakan hasil dari ke putusan kongres pemuda kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Setelah sebelumnya diadakan kongres pemuda kesatu yang diadakan di Batavia [kini Jakarta] pada  30 April sampai 2 Mei 1926. Setelah kongres pemuda kesatu para pemuda terdorong sehingga banya munculnya oraganisasi-organisasi pemuda lainnya.
Kongres Pemuda II diikuti oleh pelajar seluruh Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI). Kongres ini embahas beberapa hal, khususnya mengenai “Persatuan dan Kebangsaan Indonesia” oleh Muh. Yamin, “Pendidikan” oleh Nn. Purnomowulan, Darwono dan S. Mangunsarkoro, “Kepanduan” oleh Ramelan, dan Mr. Suaryo. Hasil dari kongres tersebut muncullah “Sumpah Pemuda” yang kemudian diikrarkan pada tanggal 28 okt 1928. Dengan isi sebagai berikut:
Pertama:

Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. [Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia].
Kedua:

Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. [Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia].
Ketiga:

Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. [Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia].
Pict: repro internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *