Ketua Himpunan Pengairan, Awali Karir Organisasi Sebagai Danton

LPM Solid, Malang – Tidak memiliki pengalaman organisasi bukanlah hal yang menghalangi kita untuk belajar dan mencapai sukses. Hal inilah yang dibuktikan oleh Muhammad Iqbal, Mahasiswa Pengairan angkatan 2014. Ketika pertama menginjakan kaki di Universitas Brawijaya, dirinya mengaku bahwa pengalaman organisasi yang dimiliki adalah “nol”. Namun dengan semangat dan tekadnya, ia mulai belajar berorganisasi ketika menjadi mahasiswa baru.

Dimulai dengan menjadi Danton (Komandan Peleton) dan terus mengikuti proses yang ada di Fakultas Teknik, dirinya kini menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Pengairan (HMP) periode 2017/2018. “Tidak ada keinginan khusus untuk menjadi Ketua Himpunan, ikut alur yang ada saja. Saya merasa punya kebutuhan untuk mengabdi dan harus memberikan sesuatu yang lebih kepada Teknik.” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Iqbal ini mempunya motto “Victoria Concordia Crescit”, yaitu kemenangan berawal dari keharmonisan. Motto hidup ini lah yang diaplikasikan secara langsung ke segala sisi kehidupan Iqbal, termasuk dalam memimpin himpunan. Visi yang ia canangkan untuk periode ini yaitu Himpunan Mahasiswa Pengairan hadir sebagai lembaga yang dapat menampung aspirasi dan berproses dalam harmoni. Karena menurutnya, ketika himpunan tidak berjalan harmonis maka banyak masalah yang akan terjadi dalam Keluarga Besar Mahasiswa Pengairan (KBMP).

Iqbal mengakui bahwa terdapat banyak rintangan dan suka duka yang ia lalui dalam masa kepemimpinanya ini. “Sukanya menjadi kahim itu banyak pertolongan yang tidak terduga. Misal dosen atau alumni yg menolong, mulai dapat job dari dosen atau proker yang membantu keuangan himpunan.” ungkapnya.

Harapan dari Ketua Himpunan Mahasiswa Pengairan untuk Fakultas Teknik yaitu agar kelembagaan yang ada di Teknik dapat selalu berkembang ke arah yang positif, dan juga dapat membangun hubungan yang baik dengan dunia luar. Selain itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Pengairan juga berharap kepada KBMP agar dapat selalu menikmati proses yang ada. Karena menurutnya proses tidak selalu soal susah dan rumit, namun proses dapat menjadi sesuatu yang menyenangkan jika kita benar-benar menikmatinya. (fit/nin/dey/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *