Peringati Hari Batik Nasional, BEM Teknik Ajak Mahasiswa Pakai Batik ke Kampus

Kompak – Mahasiswa Teknik Kompak Kenakan Batik ke Kampus

LPM SOLID,Malang – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2017 ini, Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS., menghimbau kepada seluruh staf di lingkungan Universitas Brawijaya untuk memakai batik per tanggal 3 hingga 6 Oktober 2017. Himbauan berupa surat edaran dengan nomor 8994/UN10/HM/2017 tersebut ditujukan untuk  para pimpinan hingga seluruh karyawan di Universitas Brawijaya.

Kendati demikian, surat edaran tersebut juga sampai hingga mahasiswa di Fakultas Teknik. Melalui Official Account Line, BEM Teknik Universitas Brawijaya  pun menyarankan kepada mahasiwa Fakultas Teknik untuk mengenakan batik pula pada tanggal 3- 6 Oktober 2017. Saran tersebut disebarkan melalui Official Account Line dengan tagar #kuybatikan yang mana tujuan dari penggunaan batik pada hari tersebut untuk meningkatkan kebanggaan dan kecintaan terhadap kebudayaan Indonesia.

Himbauan untuk mengenakan batik di Universitas Brawijaya tidak hanya pada Hari Batik Nasional, namun juga setiap hari Jum’at. Himbauan tersebut pernah diresmikan oleh Eksekutif Mahasiswa (EM) Universitas Brawijaya dengan menggelar lauching Brawijaya Berbatik pada 1 April 2016 lalu.

Hari Batik Nasional ditetapkan pada tanggal 2 Oktober oleh Unesco pada tahun 2009, yang mana batik ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Pada tanggal tersebut, semua lapisan masyarakat mulai dari pejabat pemerintah hingga pelajar dihimbau untuk mengenakan batik. Penetapan Hari Batik Nasional juga sebagai usaha pemerintah dalam meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan citra positif Indonesia di forum internasional. Karena pengakuan terhadap batik sebagai warisan leluhur Bangsa Indonesia sama halnya dengan pengakuan dunia internasional terhadap  budaya Indonesia. (rzk/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *