BALADA Digelar, KBM Al-Hadid Ajak Mahasiswa Teknik Berqurban

LPM Solid, Malang – BALADA (Bakti Sosial Idul Adha) yang merupakan acara tahunan dari KBM Al-Hadiid Fakultas Teknik Universitas Brawijaya kembali diselenggarakan pada tahun ini. BALADA 1438 H yang mengusung tema “Panen Rezeki dengan Berqurban” terdiri dari dua rangkaian kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari, yaitu hari Jum’at (1/9) hari Sabtu (2/9).
Rangkaian kegiatan yang pertama diselenggarakan di Dusun Turi, Desa Kucur Kecamatan Dau Kabupaten Malang berisi kegiatan qurban, bakti sosial dan bazar, serta pengecekan kesehatan gratis. Bakti sosial dilakukan dengan pengumpulan baju layak pakai, kemudian diselenggarakan bazar yang menjual baju layak pakai dengan harga murah. Dana yang terkumpul akan disumbang kepada warga membangun berbagai macam fasilitas seperti masjid, gedung serbaguna, maupun TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran). Kemudian untuk pengecekan kesehatan gratis dilakukan kepada sekitar 75 warga Desa. Pada pengecekan kesehatan gratis dilakukan kerja sama dengan BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia).
Rangkaian kegiatan yang kedua diselenggarakan di Dekanat Fakultas Teknik Universiitas Brawijaya berisi kegiatan Qurban yang dilakukan dengan pihak Dekanat Fakultas Teknik Universiitas Brawijaya dan bekerja sama dengan BDI (Badan Dakwah Islam) Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Pada hari kedua terdapat 496 bungkus daging sapi 1 kg serta 180 bungkus 1,5 kg daging domba dan kambing yang dibagikan kepada jajaran tenaga kependidikan, mahasiswa, juru parkir, sampai cleaning serta segenap warga sekitar Fakultas Teknik, pondok pesantren dan juga panti asuhan yang telah ditentukan. Kerjasama antara pihak BDI FT dengan Dekanat Fakultas Teknik dalam melakukan prosesi penyembelihan hingga pendistribusian daging qurban ini telah berlangsung selama 3 tahun. Pihak BDI FT berharap dapat mendapat kepercayaan lebih pada Idul adha mendatang, kepercayaan disini diartikan semakin banyaknya pihak yang dengan suka rela, ikhlas dan hati terbuka mau berqurban atas nama pribadi. Selain itu BDI FT berharap mendapatkan hewan qurban dengan jumlah yang lebih banyak untuk dapat didistribusikan ke seluruh penerima qurban.
Ketua pelaksana BALADA 1438 H, M. Izzatur Rahman, menjelaskan bahwa antusiasme panitia, mahasiswa dan masyarakatnya lebih tinggi pada tahun ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, banyak lembaga yang ikut berpartisipasi untuk ikut berqurban seperti dari himpunan-himpunan jurusan, BEM, maupun lembaga-lembaga lainya yang ada di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Meskipun tidak sesuai target dan harus menghadapi berbagai macam kendala, namun BALADA tetap berjalan lancar. “Awalnya idealis target 2 sapi 30 kambing. Ini jauh dari target tahun lalu. Kemudian kita mencoba rangkul semua lembaga di Teknik sehingga dapat menembus 1 sapi dan 18 kambing. Alhamdulillah.” ucap pria yang akrab disapa Mizza.
Selain untuk membantu masyarakat, tujuan diadakannya BALADA yaitu agar dapat meningkatkan antusiasme dan semangat mahasiswa untuk berqurban. Dengan melihat fenomena banyaknya mahasiswa yang merasa masih belum bisa berqurban, bahkan ketika menjadi alumni pun juga terkadang masih ragu untuk berqurban, maka diharapkan acara ini dapat menjadi ajang pembelajaran untuk berqurban. “Disini kita bisa belajar dengan mencicil dari sekarang, belajar dengan patungan seangkatan untuk beli kambing kemudian setelahnya bisa benar-benar berqurban. Karena semakin banyak kita memberi, semakin banyak yang kita dapatkan, entah rezeki uang maupun kesehatan.” Jelas Mizan. (kn/rt/dey/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.