Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa Mesin Berikan Penerangab di Desa Sidomulyo

LPM Solid, Malang – Mahasiswa Teknik Mesin FT-UB untuk pertama kalinya menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat pada hari ini (6/8) yang berlokasi di Desa Sidomulya, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan 3 FT-UB, Ketua Jurusan Teknik Mesin FT-UB, Ketua Himpunan Teknik Mesin FT-UB, serta Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Masyarakat itu sendiri.

Pengabdian yang dilakukan di Desa Sidomulyo ini dilatarbelakangi akibat kurangnya penerangan jalan umum. Hal tersebut akhirnya berdampak pada rawannya tindak kejahatan, salah satunya pembegalan yang terjadi di jalan. Oleh karena itu, Mahasiswa Teknik Mesin FT-UB berupaya membantu dengan mendirikan 3 buah penerangan jalan umum yang menggunakan solar sel. Sistem kerjanya yaitu pada siang hari solar sel akan menyimpan panas dan di malam hari lampu yang berguna untuk menerangkan akan menyala sendiri.

Selain membuat penerangan jalan umum, kegiatan Pengabdian Masyarakat ini juga melakukan beberapa hal lainnya seperti mengecat jembatan, membersihkan balai desa, mengecat mainan anak-anak, dan mengajar di sekolah taman kanak-kanak.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini sendiri dilakukan oleh Mahasiswa Teknik Mesin FT-UB angkatan 2016. Sedangkan Mahasiswa Teknik Mesin FT-UB angkatan 2014 & 2015 berperan sebagai fungsi kontrol sekaligus perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Mesin itu sendiri.

Nofian Achmad selaku Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat berharap dengan diselenggarakannya acara ini dapat membantu dan berguna bagi masyarakat di Desa Sidomulyo. Nofian juga ingin acara ini bisa dilanjutkan lagi dengan lebih baik dan lebih bermanfaat. (rey/sca/red)

Foto dokumentasi panitia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *