‘ZUGOS’ Inovasi Kreatif Penjernihan Air

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Dalam pelaksanaanya, para mahasiswa berlomba-lomba menerapkan ilmu nya untuk menciptakan serta mengembangkan penemuanya. Contoh dari salah satu PKM yaitu Zugos. Apa itu Zugos?

ZUGOS “Zig-zag Ultra Grey Water dengan metode O-sandfil (Organic sand filter) yang sederhana” adalah suatu inovasi kreatif yang dapat digunakan untukpenjernihan air pada bangunan bertingkat . ZUGOS ini berdesain zigzag dengan sudut kemiringan sekitar 30 derajat. Dimana, efisiensi penjernihannya dilakukan pada pipa tersebut. Alat ini dilengkapi penyaringan yang berbeda dengan penyaringan yang biasa yaitu penambahan tepung biji kelor sebagai salah satu keunggulan dalam metode perjernihan berprinsip green building ini. Alat ini berpotensi untuk diaplikasikan pada masyarakat secara nata sebagai salah satu upaya penjernihan air bermedia pipa. Zugos juga akan membantu pengelola dari rusun, gendung bertingkat dan rumah bertingkat agar dapat melakukan penjernihan yang lebih baik untuk permasalahan grey water (air limbah rumah tangga yang tidak mengandung tinja dan urin.)

ZUGOS merupakan salah satu usulan PKM Karsa Cipta yang diusulkan oleh Siska Rahmadani, Ayu Khurotul Aini Amalia, Dwi Laksana Aji Putra, dan Yayang Saputra yang merupakan mahasiswa Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya angkatan 2015. Pengusulan ZUGOS dilatar belakangi oleh beberapa masalah, khususnya yang terjadi di Kota Malang. “Banyaknya rumah bertingkat di malang sehingga membuat lahan menjadu terbatas, dan banyak nya limbah grey water yang ada membuat latar belakang zugos ini terbuat. Karena kami ingin membuang air limbah kamar mandi menjadi air bersih ketika dibuang kembali.” ujar salah satu anggota yang bernama Ayu.

Keluaran yang diharapkan sebagai hasil dari program ini adalah terciptanya ZUGOS alat penjernih air berdesain zig-zag yang tidak membutuhkan lahan luas karena memanfaatkan dinding pada gedung bertingkat yang ada. Sehingga, nantinya alat ini diharapkan dapat membantu mengurangi pencemaran air terkait permasalahan limbah rumah tangga yang semakin hari kan bertambah volumenya, serta di aplikasikan secara nyata dan bermanfaat pada masyarakat luas. (mir/dey/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *