iDESIGNX, Pameran Produk Inovasi Mahasiswa Teknik Industri 

 

Mahasiswa menjelaskan kepada para dosen mengenai konsep produk inovasi yang telah dibuat.

LPM Solid, Malang- iDESIGNX kembali digelar pada Senin (29/5) sebagai pendukung salah satu jenjang praktikum di Teknik Industri, yaitu Praktikum Terintegrasi 2. Praktikum Terintegrasi 2 merupakan praktikum perancangan produk, dimana iDESIGNX merupakan kegiatan penunjang yang membantu peserta praktikum, yaitu mahasiswa semester 4, memahami detail konsep produk yang dikembangkan melalui pameran produk hasil rancangan dari setiap kelompok praktikum.

Terdapat 19 booth yang disesuaikan dengan jumlah kelompok Praktikum Terintegrasi 2. “Tema iDESIGNX pada tahun ini adalah office and school equipment tetapi produk tiap booth berbeda-beda,” ujar Roby Kurniawan koordinator Praktikum Terintegrasi 2.

Dalam kegiatan ini para mahasiswa Universitas Brawijaya dengan menunjukan KTM aktif kepada panitia penyelenggara dapat memberikan suara kepada kelompok yang menurut mereka menarik dan inovatif. Bagi kelompok yang memenangkan suara terbanyak akan mendapatkan juara favorit, sedangkan juara 1, 2, dan 3 ditentukan dari hasil penjurian dari dosen-dosen Teknik Industri.

Setelah sebelumnya vakum selama satu tahun, kegiatan ini digelar kembali di Auditorium Lantai 6 Gedung Teknik Industri. Menurut ketua jurusan Teknik Industri Bapak Ishardita Pambudi Tama, dengan adanya pameran iDESIGNX terbukti meningkatkan gairah mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Perancangan Produk. Pameran ini juga meningkatkan semangat mahasiswa untuk berkompetisi antar kelompok praktikum, sehingga praktikum dijalani dengan jauh lebih serius.

Untuk kegiatan iDESIGNX kedepannya, Bapak Ishardhita berharap dapat menggandeng perusahaan. Dimana acara iDesignx nantinya dapat menjadi sarana bagi perusahaan untuk mencari desain yang sesuai dan menjawab kebutuhan pasar dari mahasiswa jurusan Teknik Industri Universitas Brawijaya.

Diharapkan diadakannya kegiatan praktikum terintegrasi yang terdiri dari 4 tahapan ini “Dapat menanam pemahaman bagi setiap mahasiswa Teknik Industri, bahwa setiap mata kuliah yang dipelajari di Teknik Industri berhubungan atau terintegrasi satu sama lain. Misalnya saja mata kuliah Perancangan Produk dapat dihubungkan dengan Ergonomi dan Statistika” ungkap Ketua Jurusan Teknik Industri. (ziz/dif/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *