Sekjen PPMI Kota Malang : Bebaskan Aktivis Pers Mahasiswa Medan

LPM Solid, Malang – Persatuan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Kota Malang menggelar aksi solidaritas menanggapi penangkapan aktivis pers mahasiswa Medan oleh Polrestabes Medan pekan lalu pada Kamis (11/05).

Dalam kesempatan itu, sekjen PPMI kota malang Faizal Ad daruquthny menuntut pemerintah untuk membebaskan aktivis pers mahasiswa Medan yang ditangkap itu. “Kami melakukan aksi ini sebagai manifestasi kepedulian kami terhadap dua Pers Mahasiswa Lembaga Pers Mahasiswa Bursa Obrolan Mahasiswa (LPM BOM) Institut Teknologi Medan (ITM) dan satu aktivis Universitas Sumatera Utara (USU) yang ditangkap oleh aparat keamanan,” ungkap ade, sapaan akrabnya.

Menurut informasi yang diperoleh dari LPM BOM, peliputan yang dilakukannya telah berdasarkan kode etik jurnalistik dan tidak ada penyimpangan yang dilakukannya, namun aparat keamanan tetap menangkapnya karena diduga sebagai biang kerok kericuhan pada saat demo Hardiknas di Medan.

Dalam aksi solidaritas tersebut, para peserta aksi mengisolasi mulutnya dengan lakban. “ini artinya kebebasan pers dibungkam oleh pemerintah,” ujarnya. Selain itu, para demonstran juga memegang poster dan membagikan selembaran tulisan yang bernada pembebasan aktivis tersebut dan menyuarakan kebebasan berpendapat yang dijamin oleh undang-undang.

Aksi itu digelar di depan balai kota Malang dan diikuti oleh sejumlah LPM se-Kota Malang sebagai bentuk solidaritas pers mahasiswa. ”Kami berharap agar aktivis tersebut dibebaskan secepatnya,” tutupnya. (nun/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *