Jadi Konsultan Kampung Gerabah, PWK Abdikan Diri

LPM Solid, Malang – Untuk menjalankan salah satu fungsi tri dharma perguruan tinggi, juruan Peraencanaan Wilayah dan Kota menggelar “PWK Abdikan Diri” di Kelurahan Penanggungan pada hari Sabru (6/5). Bentuk pengabdian masyarakat mahasiswa PWK kepada kelurahan Penanggungan yaitu menjadi konsultan untuk menghidupkan kembali Kampung Gerabah yang sudah berdiri sejak 30 tahun yang lalu. Rangkaian acara ini terdiri dari peresmian landmark, pertunjukan pebuatn gerabah, diskusi mengenai pengembangan Kampung Gerabah, presentasi mengenai Kampung Gerabah, dan hiburan-hiburan.

Berawal dari kejenuhan para mahasiswa PWK ketika melakukan pengbadian masyarakat yang “itu-itu aja”, misalnya membersihkan taman dan bakti sosial, mahasiswa PWK ingin mencari sesuatu hal yang bisa diterapkan pada studi keilmuan mereka. Sehingga tercetuslah ide ‘Kampung Gerabah’ yang dilanjutkan dari pengabdian yang telah dilakukan oleh salah satu dosen PWK. “Program kerja ini sudah berjalan dari awal bulan Januari. Kita teerus kordinasi kepada Pak Lurah, pengrajin dan warga-warga di Kelurahan Penanggungan.” ucap Fatjmah Zahro selaku Ketua Pelaksana. Untuk membina Kampung Gerabah, jurusan PWK bekerja sama dengan jurusan Arsitektur dan jurusan Pengairan Universitas Brawijaya.

Pada awalnya, Kampung Gerabah mengikuti perlombaan Kampung Tematik yang diselenggarakan oleh oleh Pemkot Kota Malang pada akhir tahun 2016 dengan total peserta 57 kelurahan. Dari total kelurahan yang mengikuti lomba tersebut, terdapat 10 kelurahan yang dibina oleh Universitas Brawijaya, salah satunya Kampung Gerabah. Kampung Gerabah tidak mendapatkan juara pada lomba tersebut, namun setelah dievaluasi lebih lanjut Kampung Gerabah mendapatkan dana terbesar dari Pemkot Kota Malang.

“Harapanya Kampung Gerabah bisa menjadi seperti Jodipan-jodipan lainya, menjadi kampong wisata yang bias menarik wisatawan dan meningkatkan kesejahteraan pengrajin maupun masyarakan di kelurahan Penanggungan ini” ujar Raka S. Bhawana selaku salah satu anggota Himpunan Mahasiswa PWK. (dey/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *