6 Manfaat Membaca Buku

Kamu suka membaca buku? Atau hanya sekedar suka liat-liat buku aja? Atau bahkan masih malas membaca dan tidak suka buku? Kalo kamu masih tidak suka baca buku, itu berarti kamu termasuk orang yang merugi nih.. Karena ternyata membaca punya banyak manfaat loh. Yuk kita intip beberapa manfaanya!

1.Merefresh Otak & Pikiran

Banyak orang yang beranggapan baca buku itu membosankan karena kita harus membaca berlembar-lembar tulisan yang itu-itu aja. Kita bisa memulai dengan membaca buku yang ringan dan menghibur, sehingga bisa merefresh otak dan pikiran. Dengan begitu, minat membaca buku pun kita juga akan meningkat.

2. Memberi Ketenangan, Mengurangi Stress dan Depresi

Banyak orang beranggapan jika membaca buku akan membuat otak terus berpikir dan membuatnya menjadi stress. Dengan membaca kita dapat mengurangi perkembangan hormon stress seperti hormon korsitol. Membaca juga dapat membuat pikiran lebih santai sehingga hal tersebut dapat membantu menurunkan tingkat stress hingga 67% dan dengan membaca buku dapat membawa kedamaian batin serta ketenangan.

3. Meningkatkan Kualitas Memori

Setiap kali kita membaca, otak kita akan terlatih berusaha mengingat masalah, plot, karakter yang ada. Otak kamu akan membuat satu ruang baru untuk menyimpannya. Sehingga kapasitas memori otak kamu pun bertambah.

4. Melatih Diri Untuk Menulis

Ketika kita sering membaca akan menambahkan kosakata yang kita miliki, dan menemukan berbagai macam cara penulisan. Mulai dari tulisan novel, berita, artikel, dan masih banyak lagi, itu semua memiliki cara menulis yang berbeda. Dari situ kita daoat membuat suatu karya tulis dengan bahasa sebaik yang kita baca bahkan bisa lebih baik lagi.

5. Melatih Kemampuan Berpikir dan Menganalisis

Membaca dapat melatih otak untuk berpikir lebih kritis dan menganalisis masalah yang ada, karena kamu akan sering menemukan pemikiran-pemikiran, detail, plot cerita yang berbeda dan permasalahan yang berbeda pula. Hal tersebut dapat membantu kita mengembangkan diri dan menyelesaikan masalah yang ada. Seorang presiden direktur dari riset Haskins Laboratories yang bernama Ken Pugh, PhD mengatakan bahwa kebiasaan membaca buku dapat memacu otak untuk berpikir dan berkonsentrasi.

6. Menstimulus Mental

Membaca merupakan salah satu cara menstimulus mental, karena membaca meningkatkan kebutuhan dasar seseorang. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dengan membaca buku dapat merangsang mental bahkan dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia.

Selain manfaat diatas masih banyak manfaat lain dari membaca loh, makanya mulai dari sekarang yuk kita tularkan budaya membaca! (zah/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *