Sejarah Hari Bumi

Hari Bumi merupakan kampanye untuk mengajak orang peduli terhadap lingkungan hidup. Gerakan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Hari Bumi telah menjadi sebuah gerakan global yang mendunia hingga kini. Pelaksanaannya di seluruh dunia dikordinasi oleh Earth Day Network’s, sebuah organisasi nirlaba beraggotakan berbagai LSM di seluruh dunia.

Sejarahnya dimulai dari tahun 1970 di Amerika yang digagas oleh Gaylord Nelson yang merupakan seorang senator. Idenya muncul ketika ia berpidato mengenai desakan memasukan isu-isu kontroversial tentang bumi dan berlanjut pada berita tentang bahwa akan diadakan Hari Bumi sedunia pada tanggal 22 April 1970. Ditetapkan pada tanggal ini karena sebanyak ribuan perguruan tinggi, sekolah-sekolah dan komunitas di Amerika ikut dalam aksi tersebut. Kemudian sebanyak 20 juta masyarakat umum pun juga turun ke jalan. “Fenomena ini sebagai ledakan akar rumput yang sangat mencengangkan dimana Masyarakat umum sungguh peduli dan Hari Bumi menjadi kesempatan terbaik bagi mareka, sehingga mereka benar-benar dapat berpartisipasi dalam suatu demonstrasi yang meluas secara nasional, dan dengan itu menyampaikan pesan yang serius dan mantap kepada para politisi untuk bangkit dan berbuat sesuatu”, ujar Gaylord Nelson kala itu.

Hari Bumi menjadi hari aksi yang mengubah perilaku manusia dan menimbulkan perubahan kebijakan manusia pada bumi untuk mencintai, dan menjaga kelestarian bumi. Banyaknya orang yang memperingati Hari Bumi Sedunia ini karena banyaknya orang yang berpendidikan yang memprotes tentang gerakan anti perang, dan membela hak-hak sipil disana, dan mereka sepenuhnya mendukung keselarasan para pejuang yang membela lingkungan hidup dan yang memperjuangkannya agar bumi ini menjadi lebih baik dan tidak tercemar. Agenda ini kemudian menjadi agenda tahun di Amerika yang kemudian diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.