Resmi, Jadwal UAS Dimajukan

 

LPM Solid,Malang–Beredar pesan berantai mengenai tidak adanya pekan sunyi sebelum berlangsungnya Ujian Akhir Semester (UAS) semester genap ini telah tersebar di beberapa grup percakapan. Dalam berita tersebut disebutkan bahwa ditiadakanya pekan sunyi ini merupakan hasil dari rapat forum Wakil Rektor I dan Wakil Dekan I hari ini Rabu (19/04) 2017 di Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) sehingga perkuliahan pada semester genap akan berakhir pada tanggal 9 Juni 2017 dan hari Senin tanggal 12-23 Juni 2017 langsung dilaksanakan UAS. Banyak mahasiswa yang masih mempertanyakan berita tersebut. Pesan berantai itu berbunyi:

“Bpk/Ibu hasil Rapat forum WR 1 dan WD 1 hari ini Rabu, 19 April 2017 di FKH diantaranya memutuskan : untuk semester ini TIDAK ADA PEKAN SUNYI , jadi setelah kuliah semester genap berakhir tgl 9 Juni 2017, hari Senin 12 Juni – 23 Juni 2017 langsung UAS (tidak ada pekan sunyi), MOHON UNTUK SEGERA DISOSIALISASIKAN KE SEMUA MAHAISWA DAN DOSEN , Semester antara dimajukan mulai hari senin tgl 10 Juli 2017 terimakasih”

Setelah dikonfirmasi, Wakil Dekan I Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Dr.Ir Surjono, membenarkan isi pesan berantai tersebut. “Ya, benar. Kemarin sudah diputuskan Wakil Rektor I”, katanya kepada LPM Solid melalui pesan singkat, Kamis (20/4) pagi. Dr. Surjono juga mengungkapkan, kebijakan tersebut juga berlaku bagi mahasiswa pascasarjana. “Jadwal disamakan seharusnya, mungkin sebentar lagi ada pengumuman resmi dari siakad”, terangnya. Kebijakan ini berpengaruh pada kalender akademik yang akan mengalami perubahan secara keseluruhan. “Perubahan kalender pada web. Semester antara/pendek juga ikut maju” ungkap Wakil Dekan I.

Di hari yang sama juga terbit Surat resmi yang berisi tentang pemajuan jadwal UAS dan peniadaan pekan sunyi ini. Dalam surat resmi tersebut, terdapat enam poin terkait perubahan pada kalender akademik semester genap 2016/2017, yaitu:

1. Masa perkuliahan pada Semester Genap TA 2016/2017 berakhir pada 9 Juni 2017
2. Pekan Sunyi DITIADAKAN
3. Ujian Akhir Semester DIMAJUKAN mulai tanggal 12 s/d 23 Juni 2017
4. Pelaksanaan Semester Antara DIMAJUKAN mulai tanggal 10 Juli s/d 4 Agustus 2017
5. Batas akhir Semester Genap TA 2016/2017 DIMAJUKAN mulai tanggal 18 Agustus 2017
6. Jadwal daftar ulang semester ganjil 2017/2018 akan diinformasikan lebih lanjut

Sementara itu, mahasiswa Fakultas Teknik memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang majunya jadwal UAS ini. Menurut Nabilla Devi, kebijakan tersebut bisa membuat mahasiswa berhemat. “Bisa menghemat biaya pulang karena jika kita pulang belum tentu kita mempersiaplan untuk ujian dan akan main dengan teman. Lalu juga otak masih fresh untuk belajar karena masih baru seleasi kuliah”. Lain lagi dengan Anita Galih yang merasa sedikit keberatan akan perubahan tersebut. “Keberatan si karena minggu tenang digunakan untuk nulis note dan persiapan ujian, lalu UAS dimajukan maka kepulangan akan mepet dengan lebaran, tiket akan mahal atau bahkan ga dapet tiket sama sekali.” keluhnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *